Upcoming Events

Membeli Rumah atau Membangun Rumah: Memilih Mana yang Lebih Baik


Posted
Mon, 26 Feb 2024

Author
Cepy Hidayaturrahman

Share

Memiliki tempat tinggal adalah impian bagi setiap orang, terutama di tengah lonjakan populasi di Indonesia. Dalam merealisasikan impian memiliki rumah, muncul pertanyaan krusial: lebih baik membeli rumah siap huni atau membangun rumah dari awal? Keputusan ini memerlukan pertimbangan matang, mengingat kedua opsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Kelebihan Membeli Rumah

1. Lebih Praktis

Membeli rumah yang sudah jadi tentu lebih praktis dibandingkan dengan membangun rumah dari nol. Anda cukup terima beres dan ketika sudah membayar baik dengan cara langsung melunasi atau sudah membayar uang muka, Anda sudah bisa langsung menempati rumah tersebut.

2. Hemat Biaya Pengeluaran

Ketika Anda membeli rumah jadi, maka Anda bisa menghemat biaya pengeluaran Anda. Tentu sebelum Anda memutuskan membeli rumah jadi pasti sudah ada perencanaan sebelumnya. Namun dengan membeli rumah, biaya yang dikeluarkan lebih pasti dan tidak perlu pusing dalam menerka-nerka biaya untuk membangun rumah.

3. Memberikan Kesempatan Menabung

Dengan membeli rumah siap huni malah memberikan kesempatan Anda untuk menabung kembali ke depannya. Memang bisa? Bisa. Perlu Anda ketahui dalam membeli rumah siap huni saat ini sudah banyak sekali pengembang properti yang menawarkan rumah dengan berbagai macam cara pembayaran. Mulai dari metode pembayaran langsung tunai dan cicilan.

 

Kelebihan Membangun Rumah

1. Rumah Dibangun Sesuai Selera

Membangun rumah memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mendesain rumah sesuai selera. Anda bisa menyewa jasa arsitek atau desainer interior untuk membantu Anda dalam membangun rumah impian.

2. Dapat Memanfaatkan Lahan

Sebelum Anda membangun rumah, lahan kosong yang nantinya akan digunakan sebagai rumah tersebut bisa Anda manfaatkan dahulu untuk mengembangkan bisnis atau usaha. Jika membeli rumah jadi, dapat dipastikan sudah tidak ada lahan yang bisa dimanfaatkan sesuai keinginan kita, terkecuali jika Anda membeli rumah hook.

PT Sentul City Tbk. (BKSL) adalah salah satu pengembang properti terkemuka yang telah memiliki reputasi baik dan track record yang solid. Dengan berbagai proyek modern dan berkualitas, Sentul City bisa menjadi mitra terpercaya dalam mewujudkan impian memiliki tempat tinggal yang nyaman. Beberapa pilihan hunian dari PT Sentul City Tbk. (BKSL) bisa menjadi pertimbangan menarik dalam rencana kepemilikan rumah Anda. Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru terkait tips-tips memiliki serta merawat hunian impian, kunjungi akun Instagram kami di @officialsentulcity. (*)

 

Penulis : Fatiha Syuhada

Editor : Cepy Hidayaturrahman

Related topics


11/22/23 02:11 PM
Jenis-jenis Cat Genteng Terbaik untuk Melindungi Atap Rumah Anda

Atap rumah adalah komponen penting yang melindungi rumah dari berbagai cuaca ekstrem, seperti teriknya matahari, hujan lebat, dan angin kencang. Untuk menjaga atap tetap dalam kondisi yang baik dan menjadikannya lebih menarik, cat genteng adalah solusi yang tepat.

SEE MORE
11/30/23 11:27 AM
Keuntungan Membeli Rumah dengan Sistem KPR

Punya rumah impian adalah salah satu tujuan banyak orang. Namun, untuk sebagian besar orang, membeli rumah tanpa bantuan finansial adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Di sinilah pentingnya sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) muncul.

SEE MORE
12/01/23 02:20 PM
Manfaat Membeli Rumah secara Tunai

Meskipun banyak yang memilih untuk membiayai rumah dengan cara kredit, ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dengan membeli rumah secara tunai, atau dengan kata lain, membayar rumah secara penuh tanpa mengandalkan pinjaman.

SEE MORE