Upcoming Events

Manfaat Membeli Rumah secara Tunai


Posted
Fri, 01 Dec 2023

Author
Cepy Hidayaturrahman

Share

Rumah seringkali dianggap sebagai aset terbesar yang akan dibeli dalam hidup seseorang. Meskipun banyak yang memilih untuk membiayai rumah dengan cara KPR (Kredit Pemilikan Rumah), ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dengan membeli rumah secara tunai, atau dengan kata lain, membayar rumah secara penuh tanpa mengandalkan pinjaman. Namun, seperti dalam keputusan finansial lainnya, ada pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat atau keuntungan membeli rumah secara cash atau tunai.

1. Tidak Ada Utang

Salah satu manfaat paling mencolok dari membeli rumah secara tunai adalah Anda tidak akan memiliki utang. Ini berarti Anda tidak perlu membayar cicilan bulanan kepada bank atau lembaga keuangan lainnya. Kehidupan tanpa utang dapat memberikan perasaan kebebasan finansial yang besar, karena Anda tidak akan terbebani dengan kewajiban pembayaran bulanan yang signifikan.

2. Harga yang Lebih Rendah

Ketika Anda membeli rumah secara tunai, Anda dapat bernegosiasi harga yang lebih baik dengan penjual. Ini karena penjual biasanya lebih suka mendapatkan pembayaran segera daripada menunggu proses persetujuan kredit yang memakan waktu. Dalam banyak kasus, pembeli tunai dapat memperoleh harga yang lebih rendah daripada pembeli yang menggunakan kredit.

3. Keamanan Legalitas

Dalam pembelian rumah secara tunai, Anda memiliki jaminan lebih besar bahwa rumah yang Anda beli adalah properti yang sah dan bebas dari masalah hukum. Bank dan notaris akan melakukan pemeriksaan yang ketat untuk memastikan bahwa semua dokumen dan legalitasnya beres. Hal ini memberikan perlindungan tambahan terhadap sengketa properti atau masalah hak waris yang mungkin muncul di masa depan.

4. Aset yang Langsung Milik Anda

Ketika Anda membeli rumah secara tunai, Anda langsung memiliki rumah dan sertifikatnya. Ini berarti rumah tersebut menjadi aset Anda yang dapat Anda manfaatkan sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan rumah sebagai jaminan untuk pinjaman jika Anda membutuhkan dana tambahan, atau Anda bisa menjualnya jika ada peluang yang menguntungkan.

Dengan demikian, keputusan untuk membeli rumah secara cash/tunai atau dengan KPR harus dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan situasi dan tujuan finansial Anda. Bagi yang memilih untuk membeli rumah secara tunai, Anda dapat menikmati kebebasan finansial, harga yang lebih rendah, dan keamanan legalitas yang lebih besar. Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru terkait tips-tips memiliki hunian impian, kunjungi akun Instagram kami di @officialsentulcity.(*)

 

Penulis : Fatiha Syuhada

Editor : Cepy Hidayaturrahman

Related topics


11/22/23 02:11 PM
Jenis-jenis Cat Genteng Terbaik untuk Melindungi Atap Rumah Anda

Atap rumah adalah komponen penting yang melindungi rumah dari berbagai cuaca ekstrem, seperti teriknya matahari, hujan lebat, dan angin kencang. Untuk menjaga atap tetap dalam kondisi yang baik dan menjadikannya lebih menarik, cat genteng adalah solusi yang tepat.

SEE MORE
11/30/23 11:27 AM
Keuntungan Membeli Rumah dengan Sistem KPR

Punya rumah impian adalah salah satu tujuan banyak orang. Namun, untuk sebagian besar orang, membeli rumah tanpa bantuan finansial adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Di sinilah pentingnya sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) muncul.

SEE MORE
12/14/23 02:25 PM
5 Manfaat Memiliki Rumah Hook

Rumah hook, juga dikenal sebagai rumah sudut atau corner lot, adalah tipe hunian yang terletak di ujung perumahan dengan dua sisi terbuka. Dua sisi terbuka inilah yang membedakan rumah hook dari rumah lainnya.

SEE MORE