Upcoming Events

Cara Mengecat Tembok yang Benar: Tips untuk Hasil Maksimal


Posted
Wed, 24 Jan 2024

Author
Cepy Hidayaturrahman

Share

Mengecat tembok tidak hanya memberikan warna baru pada rumah Anda, tetapi juga melindungi dinding dari jamur, bakteri, dan kelembapan. Daripada mengeluarkan biaya untuk menyewa orang untuk mengecat, mengapa tidak mencoba cara mengecat tembok sendiri? Simak panduan berikut untuk mendapatkan hasil yang baik dan tahan lama.

1. Tentukan Area yang Akan Dicat

Pertama, tentukan area dinding yang akan dicat. Pertimbangkan konsep ruangan dan area sekitarnya. Sisihkan barang-barang di dalamnya untuk mempermudah proses pengecatan.

2. Pilih Jenis dan Warna Cat

Pilih jenis cat yang sesuai dengan kebutuhan dinding rumah, seperti cat alkyd synthetic yang tahan lama dan bebas jamur. Pilih warna yang cocok dengan fungsi ruangan, berani mencoba warna-warna mencolok untuk tampilan yang lebih segar. Sebelum mengoleskan cat secara menyeluruh, uji terlebih dahulu di sebagian kecil dinding.

3. Bersihkan Cat Lama pada Tembok Lama

Untuk tembok lama, kikis cat menggunakan cairan remover atau amplas. Bersihkan tembok dengan air dan deterjen, gunakan cat primer sebelum mengaplikasikan warna cat yang diinginkan.

4. Haluskan Area Dinding

Setelah membersihkan residu cat lama, haluskan kembali dinding menggunakan plamir untuk hasil akhir yang rata dan flawless.

5. Lapisi dengan Warna Dasar

Oleskan warna dasar untuk menetralkan warna sebelumnya. Tunggu 1-2 jam sebelum mengoleskan lapisan warna utama.

6. Pastikan Warna Merata

Lakukan pengecatan hingga beberapa lapis untuk memastikan warna merata. Ulangi pelapisan hingga 2-3 kali untuk hasil warna yang solid.

7. Tunggu Hingga Dinding Kering

Pastikan tembok benar-benar kering sebelum menyentuh atau meletakkan barang di dekatnya. Proses pengeringan memakan waktu 1-2 jam.

8. Simpan Perlengkapan dengan Baik

Simpan perlengkapan cat dengan baik agar mudah diakses di kemudian hari. Ini akan memudahkan jika Anda ingin mengecat tembok lagi tanpa harus mencari atau membeli peralatan baru.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengecat tembok sendiri dengan hasil yang maksimal. Selamat mencoba! Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru terkait tips-tips memiliki serta merawat hunian impian, kunjungi akun Instagram kami di @officialsentulcity. (*)

 

Penulis : Fatiha Syuhada

Editor : Cepy Hidayaturrahman

Related topics


11/22/23 02:11 PM
Jenis-jenis Cat Genteng Terbaik untuk Melindungi Atap Rumah Anda

Atap rumah adalah komponen penting yang melindungi rumah dari berbagai cuaca ekstrem, seperti teriknya matahari, hujan lebat, dan angin kencang. Untuk menjaga atap tetap dalam kondisi yang baik dan menjadikannya lebih menarik, cat genteng adalah solusi yang tepat.

SEE MORE
11/30/23 11:27 AM
Keuntungan Membeli Rumah dengan Sistem KPR

Punya rumah impian adalah salah satu tujuan banyak orang. Namun, untuk sebagian besar orang, membeli rumah tanpa bantuan finansial adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Di sinilah pentingnya sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) muncul.

SEE MORE
12/01/23 02:20 PM
Manfaat Membeli Rumah secara Tunai

Meskipun banyak yang memilih untuk membiayai rumah dengan cara kredit, ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dengan membeli rumah secara tunai, atau dengan kata lain, membayar rumah secara penuh tanpa mengandalkan pinjaman.

SEE MORE